Bisnis

Inilah Jurusan yang Tepat Untuk Anda Ambil Jika Ingin Berkarir di Industri Digital

Industri Digital

Inilah Jurusan yang Tepat Untuk Anda Ambil Jika Ingin Berkarir di Industri Digital– Beberapa tahun ini industri berbasis digital berkembang dengan sangat pesat. Ditambah dukungan dari Pemerintah dengan memberikan kemudahan dalam perizinan untuk startup digital. Semakin besar industri, maka membuat peluang untuk bekerja di bidang industri digital semakin besar.

Sebagian orang terutama pada zaman dulu berpendapat bahwa bekerja yang bisa menjanjikan secara finansial adalah dengan menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), namun kini seiring dengan berkembangnya zaman, besar sekali peluang untuk bekerja di berbagai bidang pekerjaan termasuk di industri digital.

Inilah jurusan yang sangat tepat untuk diambil jika ingin berkarir di Industri Digital, beberapa diantaranya:

Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer bisa Anda ambil sebagai pilihan untuk kuliah. Ilmu yang berkaitan dengan komputer merupakan modal yang penting untuk menjalani karir di industri digital ini. Bahasa pemograman merupakan hal yang erat kaitannya dengan industri digital.

Banyak lulusan ilmu komputer yang bisa diserap di beberapa perusahaan e-commerce atau industri komunikasi. Hal ini kemudian membuat basis sistem yang tetap merupakan salah satu pekerjaannya.

Potensi karir diantaranya desktop programming, web developer, mobile programming, network engineer, database administrator

Jurusan Manajemen Bisnis

Untuk dapat mendongkrak performa sebuah perusahaan tentunya diperlukan penguasaan tentang manajemen bisnis apapun industri yang dijalankannya. Kemampuan untuk menganalisa pasar untuk dapat menentukan target market, dan mengembangkan strategi pemasaran, bisa Anda kuasai dengan mengambil jurusan manajemen bisnis.

Potensi karir diantaranya, konsultan bisnis, business intelegence, product manager, business manager.

Jurusan Statistik

Ilmu statistik sangat diperlukan agar mampu menganalisa data perusahaan dengan baik. Untuk mengembangkan bisnis diperlukan strategi yang akurat, yang berasal dari data perusahaan. Data adalah aset yang berharga yang harus dikelola sebagai informasi yang penting. Era canggih menuntut industry digital mengolah data dengan lebih cepat.

Potensi karir, research manager, data analyst

Jurusan Komunikasi

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, Anda dapat menemukan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan target market di era industri digital, sehingga produk atau bisnis Anda akan mudah untuk di minati.

Karena itulah sangat diperlukannya ilmu sosial seperti ilmu komunikasi karena berkaitan dengan industri digital.

Potensi karir, content writer, content marketing, account excecutive, social media specialist, content marketing.

Jurusan Psikologi

Ilmu psikologi merupakan ilmu yang dibutuhkan pada setiap bisnis, diantaranya untuk memahami tipe produk dan inovasi yang tepat yang dibutuhkan oleh target pengguna, karena setiap bisnis pasti memiliki target market yang di sasar.

Dengan ilmu psikologi yang sudah Anda dapatkan, akan membantu dalam pembuatan ide sehingga dengan mudah Anda mengeksekusinya ke dalam strategi yang tepat.

Potensi karir, product owner, product quality, research manager, business development

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Langkah terakhir sebuah perusahaan, setelah melakukan perencanaan dan strategi bisnis marketing yang tepat adalah mengemasnya ke dalam visual kreatif yang menarik.

Dengan visual yang menarik akan membuat konsumen menjadi tertarik untuk membeli produk atau menggunakan bisnis Anda.

Potensi karir, art director, graphic designer, UI designer

Selain mengambil jurusan-jurusan diatas untuk mendapatkan hard-skill, Anda juga membutuhkan soft-skill yang bisa diasah untuk kemampuan berkomunikasi, berempati, dan hubungan yang baik di lingkungan pekerjaan.

Dengan mengikuti seminar atau workshop bisa digunakan untuk mengasah soft-skill Anda.

Itulah beberapa ulasan tentang jurusan yang tepat untuk Anda ambil jika ingin berkarir di industri digital.

Baca juga: Inilah Hal Yang Diperlukan Untuk Terjun Ke Dunia Industri Digital