Bisnis

Perkembangan Industri Digital di Indonesia, Milenial Mendongkrak Dunia Perindustrian

revolusi-industri

Perkembangan Industri Digital di Indonesia, Milenial Mendongkrak Dunia Perindustrian – Industri digital merupakan industri yang memanfaatkan produk tekhnologi informasi sebagai solusi untuk kesuksesan dalam berindustri dan sekarang keberadaannya sudah banyak dikenal dan digandrungi oleh berbagai kalangan khususnya para pemuda milenial yang mempunyai potensi lebih dari kalangan lainnya dalam dunia digital.

Hal ini diukur dengan potensi seorang pemuda milenial yang dominan lebih unggul dari yang sudah tua menua. Oleh sebab itulah, peluang industri digital hari ini banyak menarik magnet dari para milenial.

Dalam industri digital milenial diharuskan meningkatkan kekreatifan yang ada sebagai sebuah mobilitas perindustriannya kedepan, mengolah industri dalam kecanggihan tekhnologi digital melalui berbagai relasi untuk wujudkan perkembangan industri digital sesuai dengan impian kesuksesan industri yang didambakan.

Perkembangan industri kreatif digital ini, sudah tidak main-main lagi bagaimana kecepatan revolusinya menguasai dunia perindustrian. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga mengatakan demikian, industri digital di Indonesia berkembang mulai dari tahun 2019 diproyeksikan berkembang hingga lebih dari 11 persen per tahun. Ini membuktikan bahwa industri digital diakui perannya dalam kemajuan bidang perindustrian di nusantara.

Oleh sebab itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengajak para pemuda milenial untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam industri ini. Akan tetapi, beliau juga menghimbau untuk selalu memberikan support dan arahan, sebab milenial butuh dorongan untuk menentukan strategi agar bisnis digital yang dijalankan bertahan dalam jangka waktu yang panjang serta mereka juga dihimbau supaya dikelompokkan dalam sebuah ekosistem sehingga nanti bisa dilihat keseimbangan komposisinya berdasarkan generasinya.

Dibutuhkan kecerdasan generasi milenial  dalam memicu perkembangan industri digital. Sebagai bukti, seperti yang dilihat oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, sekarang sudah ada perusahaan industri digital di Indonesia yang dirintis oleh kalangan generasi milenial, nama perusahaan tersebut ialah startup e-commerce. Itulah sebabnya, mengapa pemerintah diharuskan untuk ikut membantu mengoptimalkan potensi generasi milenial agar bisa memperbaiki perekonomian negara Indonesia dengan menumbuhkan bibit-bibit unggul dari pemuda salah satunya seperti yang sudah ditemukan oleh bapak Airlangga Hartarto.

Hasil riset Michael Page tahun pada 2016, juga ikut membuktikan peran milenial dalam mendongkrak perkembangan industri digital ini yang mana ia memprediksi jumlah lowongan pekerjaan terbesar akan datang dari sektor industri digital yang kabarnya akan meningkat 60 persen dalam kisaran satu  tahun terakhir seiring melejitnya pertumbuhan industri ini di Indonesia. Perusahaan industri digital yang akan menyumbang banyak lowongan pekerjaan tersebut meliputi;  e-commerce, teknologi keuangan (fintech), logistik, dan juga big data.

Kabar berita yang dilansir oleh liputan6.com juga mengatakan hal yang serupa, prediksi perkembangan industri ini akan terus berkembang secara signifikan dalam setiap tahunnya. Bahkan sempat kita lihat  bersama pada tahun 2019 nilai ekonomi digital di Indonesia sampai pada nominal USD 40 setara  Rp. 560 triliun. Ini juga angka yang cukup tinggi patut sekali kita pertahankan untuk perkembangan industri ini di tahun-tahun berikutnya.

Seperti kesuksesan yang diraih oleh Fikri Faizah dalam industri digital ini dengan mendirikan perusahaan PT FFC Media Indonesia. Ia mengembangkan seluruh potensi digitalnya di situ hingga ia mencapai kesuksesan yang diidamkannya setelah pernah mengalami keresahan sebelumnya.

Nah, kita sebagai generasi yang duduk di posisi generasi milenial, sekarang adalah saatnya kita menempatkan diri dalam posisi tersebut untuk mendongkrak perkembangan industri digital di Indonesia supaya perekonomian di negara kita segera stabil dengan terus berperan sebagai pendongkrak kemajuan di dunia perindustrian.

Baca Juga: Inilah Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri Digital yang Bisa Anda Manfaatkan